Melayani Dengan Sekuat Tenaga

 1 Petrus 4:11 Jika ada orang yang berbicara, baiklah ia berbicara sebagai orang yang menyampaikan firman Allah; jika ada orang yang melayani, baiklah ia melakukannya dengan kekuatan yang dianugerahkan Allah, supaya Allah dimuliakan dalam segala sesuatu karena Yesus Kristus. Ialah yang empunya kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya! Amin

 

Tinjauan

 

Petrus telah memberitahu kita untuk hidup bagi kehendak Allah, bukan mengejar daging. Ia merangkumnya saat itu dengan mengatakan …

 

04:07 Akhir sudah dekat
Dunia ini cepat berlalu. Jadi, kita harus berdoa, tidak berpesta.

 

 

04:08 Di atas Semua Cinta, sungguh-sungguh
Kata Yunani “DZEH-o” berarti “mendidih dengan panas.” Hal ini digunakan untuk menggambarkan air mendidih. Begitulah Peter memberitahu kita cinta kita untuk satu sama lain seharusnya. Dan, itu seharusnya menjadi “di atas semua,” atau secara harfiah, “sebelum setiap hal tunggal lainnya “(K:” pro pas “). Mengapa hal itu terjadi di atas semua? Sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.

 

Kol 3:14 (NLT)
Dan bagian yang paling penting dari pakaian Anda harus dipakai adalah Kasih. Cinta adalah apa yang mengikat kita semua bersama-sama dalam harmonisasi yang sempurna.

 

Jika kita bisa mencintai, maka tidak ada tantangan hubungan yang kita tidak bisa atasi. Pasangan Anda kegagalan, pengkhianatan teman Anda ‘… itu panggilan semua ditaklukkan oleh cinta.

 

 

 

04:09 Keramahan Tanpa Keluhan
Kami juga harus ramah terhadap satu sama lain tanpa keluhan. Menariknya, kata “ramah” dalam bahasa Yunani adalah “fil-OX-en-os.” Kata berasal dari menggabungkan “FEE-los” dengan “XEN-os.” “FEE-los” berarti “teman,” dan “XEN-os” berarti “orang asing.” Jadi untuk menjadi sarana ramah untuk menjadi teman bagi orang asing.

 

Dia mengatakan kepada kita untuk menjadi ramah satu sama lain – orang Kristen lainnya. Bahkan orang-orang yang asing. Untuk percaya bahwa Anda baru saja bertemu di gereja saat ini. Terlalu sering, pengunjung gereja tidak merasa disambut, tidak merasa dicintai atau bagian dari kerumunan. Kita ditantang untuk menunjukkan keramahan kepada satu sama lain. Untuk menemukan orang asing dan memperlakukan mereka seperti seorang teman. Dan sebelum Anda mengambil masalah dengan tantangan itu, ingatlah: Apa yang dikatakan Petrus ramah tanpa keluhan …

 

 

 

4:10-11 Karunia
Setiap orang di dalam gereja Allah telah menerima hadiah istimewa. Hadiah apa? Ini berbeda untuk setiap orang, tapi selalu akan menjadi campuran dari karunia rohani yang terdaftar.

 

Kita sering berpikir tentang hadiah yang ajaib seperti Bahasa Roh, Nubuat, Firman Pengetahuan, Membedakan dari Roh2, Kata-Kata Bijaksana, Karunia Penyembuhan, dan Manifestasi Mujizat. Namun, ada banyak hadiah lebih yang jauh lebih umum di antara tubuh Kristus. Paulus berkata,

 

 

 

1 Korintus. 00:01
Sekarang tentang karunia-karunia rohani, saudara-saudara, aku tidak ingin kau tidak menyadari.

 

Berikut adalah daftar Karunia yang lebih “umum” (tapi tidak kurang ajaib):

 

Iman: Karunia iman memungkinkan Anda untuk melangkah keluar dan melakukan hal-hal untuk Kerajaan Allah yang mungkin tidak masuk akal duniawi.

 

Pengajaran: Kemampuan untuk mengambil hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah dan membuat mereka dimengerti kepada orang lain merupakan karunia rohani.

 

Nasehat2: Sebuah hadiah yang membantu kita sangat mendorong orang untuk perbuatan baik, atau memperingatkan mereka terhadap perbuatan jahat.

 

Memberi: Kita semua dipanggil untuk memberi, tetapi beberapa orang terwujud karunia iman dengan memberikan berlimpah dan murah hati.

 

Memimpin: Karunia memimpin diberikan kepada orang-orang bahwa Allah memanggil untuk memimpin tubuh Kristus.

 

Melayani: Kita semua dipanggil untuk melayani satu sama lain, namun ada juga yang berbakat supranatural untuk melayani baik oleh kemampuan mereka atau ketersediaan mereka.

 

Rahmat: Kita semua diperintahkan untuk bermurah hati satu sama lain, tetapi karunia kemurahan adalah kemampuan supranatural untuk menunjukkan kebaikan tak terduga dan melimpah ke yg tdk pantas mendapat.

 

Hadiah Anda
Jika Anda telah Lahir Baru, maka Anda memiliki setidaknya salah satu karunia. Lebih kemungkinan besar, Anda benar-benar memiliki campuran lebih dari satu dari mereka. Apakah Anda tahu apa karunia Anda?

Beberapa orang tidak akan menunjukkan bakat mereka, karena berpikir bahwa mereka berusaha untuk menjadi rendah hati. Tapi itu bukan kerendahan hati – itu menyembunyikannya Allah. Anda lihat, Dia telah memberi Anda Karunia. Untuk menyembunyikannya itu berarti merampas kemuliaan-Nya. Bahwa Dia akan menerima dengan Anda yang mana Anda menggunakan karunia ini. Menunjukkan karunia Anda bukanlah kurangnya kerendahan hati, karena itu bukan keahlian – itu Karunia! Jadi mencari tahu apa karunia Allah telah diberikan kepada Anda, dan menggunakannya dalam cara yang tepat.

 

Mempekerjakan Ini Dalam Melayani Satu Sama Lain
Apa cara yang tepat untuk menggunakan karunia Anda? Alasan mereka memiliki telah diberikan kepada kita masing-masing untuk tujuan yang Petrus latakan kepada kita di sini:

 

1Pet. 04:10 … menggunakannya dalam melayani satu sama lain …
Di sinilah kita pada akhirnya menentukan keberhasilan atau kegagalan kita sebagai seorang hamba Allah. Beberapa pendeta melihat ukuran kehadiran Minggu. Lainnya melihat berapa banyak surat datang dari acara radio mereka. Yang lain melihat jumlah buku yang mereka jual. Tapi saya melihat secara Alkitabiah, Pendeta / Guru telah ditetapkan oleh Allah …

 

Ef. 04:12 untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan lanjut dari tubuh Kristus.
Kita menentukan keberhasilan kita di Pelayanan oleh seberapa baik kita dilengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan. Allah telah memberikan Anda karunia. Dan semakin lama Anda duduk di bawah pengajaran Firman, semakin Anda telah dilengkapi untuk pekerjaan pelayanan.

 

Pagi ini, sudah waktunya bagi kita untuk bertanya, “Bagaimana Anda menggunakan karunia-karunia untuk memberkati tubuh Kristus? Apakah Anda menggunakan karunia Anda untuk melayani orang lain di gereja?”

 

Ada banyak jenis pelayanan yang dapat kita lakukan di Tubuh Kristus. Sebagai contoh:

 

  1. Pelayanan Kategorial;
    1. Pelayanan Anak
    2. Pelayanan Teruna
    3. Pelayanan Pemuda
    4. Pelayanan Kaum Perempuan
    5. Pelayanan Kaum Bapak
    6. Pelayanan Kaum Lanjut Usia

 

Ada banyak jenis pelayanan yang dapat kita bangun dan yang sudah ada. Setiap gereja Tuhan mempunyai beragam macam pelayanan. Sementara ini tentu bukan pelayanan hanya di gereja kami, setiap salah satu yang terdaftar ada untuk tujuan tunggal melayani tubuh gereja di sini. Sayangnya, setiap salah satu pelayan sering menemukan diri bertangan pendek untuk melakukan pekerjaan pelayanan. Kenapa? Karena tidak semua orang yang telah dilengkapi untuk pekerjaan pelayanan yang  mau melakukan pekerjaan pelayanan.

 

Paulus mengatakan kepada jemaat di Korintus,

 

1 Korintus. 00:04 Sekarang ada berbagai jenis karunia, tetapi satu Roh.

 

1 Korintus. 12:7 Tetapi untuk masing-masing diberi manifestasi Roh untuk kebaikan bersama.

 

1 Korintus. 12:11-12 … mendistribusikan ke masing-masing individu seperti yang dikehendaki-Nya. Karena sebagaimana tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala adalah anggota2 tubuh, meskipun mereka banyak, adalah satu tubuh, demikian pula Kristus.

 

Karunia-karunia rohani telah diberikan kepada kita masing-masing untuk kebaikan bersama. Tuhan memberikan mereka kepada kami untuk mendidik, membangun, seluruh gereja. Petrus, dan kita tahu, dan mereka yang saat ini melayani telah belajar bahwa ketika Anda melayani untuk membangun tubuh Kristus, orang yang akan dibangun lebih dulu adalah Anda.