PERANAN PEMUDA DI DALAM PELAYANAN GP, GEREJA DAN MASYARAKAT

Tugas inilah yang harus diwujudkan dalam pelayanan GP, Gereja dan Masyarakat. Pemuda dalam hal ini harus berperan:

  1. Mewujudkan, memelihara dan membina serta meningkatkan persekutuan GP. Persekutuan dalam pengertian koinonia adalah persekutuan GP (pribadi dengan Tuhan), GP dengan sesama GP itu berarti ada kesatuan, kekompakan dan keharmonisan. Dan persekutuan GP sebagai persekutuan dengan Tuhan.
  2. Memperhatikan sesama GP yang perlu mendapatkan bantuan pelayanan: sakit, pekerjaan, pergumulan dan berbagai masalah yang dihadapi.
  3. Menjadi saksi bagi rekan-rekan yang belum sungguh dalam Tuhan
  4. GP sebagai salah satu kategori memiliki peranan yang penting dalam jemaat. Pelkat GP adalah warga jemaat yang berada dalam salah satu kategori pelayanan. Sebagai salah satu unit misioner ia berperan membantu majelis jemaat dalam memikirkan penjabaran kebijakan pelayanan, perencanaan dan pelaksanaan pelayanan dalam kategorinya. Untuk itu perlu peningkatan kualitas pelayanan melalui penataan kelembagaan dan mekanisme tugas Pelkat. Kesiapan perangkat dan pelayan kategorial serta peningkatan pemahaman eklesiologi. Dengan demikian pemuda tetap dapat melaksanakan tugasnya secara gerejawi dan tidak menduniawi. Artinya tidak membawa pikiran-pikiran yang tidak gerejawi ke dalam gereja. Justru sebaliknya menjadi terang bagi dunia.

bersambung