Ruth, Wanita yang Setia

Pelajaran lain dari Kehidupan Ruth

Allah berdaulat . Naomi mengakui bahwa itu adalah tangan Allah yang telah mendikte keadaan hidupnya ( 1:20-21 ) . Meskipun teks menyatakan bahwa Ruth ” terjadi ” untuk memilih bidang Boas untuk memungut di , pemikiran yang mendasari adalah bahwa Allah bertanggung jawab untuk pilihan acak ini . Tidak ada kecelakaan atau kebetulan , kejadian berarti di alam semesta di bawah pengawasan konstan Allah . Tuhan terus bekerja segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia ( Rom 8:28) . Percayalah bahwa Allah berada di belakang layar dalam hidup Anda , bekerja di luar rencananya untuk Anda . Tuhan murah hati . Ruth adalah orang Moab pagan , bukan seorang Yahudi . Tapi Tuhan diperpanjang rahmat-Nya ke arahnya dan memilih dia menjadi nenek Daud , dan dengan demikian dalam garis leluhur Mesias . Terima kasih Tuhan bahwa ia menyelamatkan orang-orang berdosa , bahkan yang paling jahat . Jangan menulis dari siapa pun di luar kasih karunia Allah .

Allah menyediakan bagi umat-Nya . Bahkan di zaman kemurtadan , Allah dipertahankan kasih setia-Nya (hesed) untuk -Nya sendiri . Allah menampilkan rahmat-Nya dengan memberikan bagi Naomi dan Rut , bagi Israel , dan bagi seluruh dunia . Percayalah Tuhan untuk menyediakan untuk Anda . Tidak peduli seberapa gelap hari mungkin , Tuhan selalu menjaga sisa benar . Mungkin ada sangat sedikit asli , orang-orang percaya yang saleh seperti Ruth dan Boas , tapi ada beberapa . Menentukan bahwa Anda akan mengikuti contoh mereka . Berusahalah untuk bersinar sebagai cahaya di tempat gelap . Tuhan mampu membuat baik keluar dari situasi buruk . Naomi dan Rut tampaknya menuju bencana , tetapi Allah mengubah keadaan mereka . Percayalah bahwa Tuhan dapat mengubah keadaan hidup Anda menjadi lebih baik .

Tindakan kita dapat berdampak generasi mendatang . Kehidupan saleh Rut dan Boaz tidak hanya itu berkat bagi Naomi , mereka adalah berkat bagi semua generasi berikutnya . Anak yang lahir dari Ruth dan Boas akan menjadi kakek dari Raja Daud ( Rut 4:18-22 ) . Sedikit kita menyadari betapa keputusan dan tindakan kita dapat mempengaruhi orang-orang yang datang setelah kami. * 2 Tentukan hari ini bahwa Anda akan menjadi sumber berkat dan contoh yang baik bagi mereka yang datang setelah Anda . Kegagalan orang lain seharusnya tidak menghalangi jalan Anda sendiri dengan Tuhan . Naomi bukan contoh yang sangat baik untuk Ruth untuk mengikuti . Sampai akhir cerita , ia tampak seperti seorang wanita tua pahit yang marah pada Tuhan . Dia bahkan menasihati kedua Rut dan Orpa kembali ke dewa-dewa palsu mereka ( 1:15) . Tapi kegagalan Naomi tidak menjaga Ruth dari iman atau ketaatan . Ruth ternyata menjadi seorang wanita saleh meskipun dia telah sangat sedikit contoh yang baik untuk diikuti . Anda tidak dapat menyalahkan orang lain atas kegagalan spiritual Anda , dan Anda tidak boleh membiarkan kegagalan orang lain untuk mencegah atau menghambat pertumbuhan rohani Anda sendiri .

Mengenali dan menghargai rencana Allah bagi hidup Anda . Naomi menanggapi kematian suaminya dan anak-anak dengan kepahitan dan kemarahan . Dia bahkan mengubah namanya untuk mencerminkan kesedihannya pada apa yang telah diizinkan Tuhan dalam hidupnya . Dia tidak mengerti maksud Allah sampai nanti . Mungkin Tuhan membawa waktu kesedihan dan kesulitan dalam hidup Anda. Tuhan memiliki tujuan untuk segala sesuatu yang dilakukannya . Menanggapi tantangan tersebut dengan iman dan kesabaran , bukan kepahitan dan kemarahan .