Ruth, Wanita yang Setia

Beberapa orang menganggap kisah Rut menjadi salah satu kisah yang paling indah yang pernah ditulis. Ruth adalah contoh dari kemurnian dan kebajikan dalam rawa korupsi dan anarki. Ruth hidup pada "hari-hari ketika para hakim memerintah" (Ruth 1:1). Kali ini mungkin adalah periode yang paling kacau dalam sejarah Israel. Sebaliknya, kisah Ruth ditandai dengan kesetiaan pada Yahweh dan perjanjian-Nya. Sedangkan dalam Hakim-hakim umat Allah berpaling kepada berhala bangsa-bangsa sekitarnya, dalam Rut seorang wanita dari bangsa kafir (Moab) ternyata Allah Israel. Ruth berdiri sebagai model kesalehan di tengah-tengah pemberontakan.

The Life of Ruth Dalam Moab - Ruth adalah kafir (non-Yahudi) dari negara Moab, salah satu dari negara-negara tetangga Israel. Dia menikah dengan seorang pria Yahudi bernama Kilyon yang telah bermigrasi dengan keluarganya ke Moab untuk menghindari kelaparan di Betlehem. Tidak lama setelah menikah, Kilyon meninggal, meninggalkan Ruth seorang janda. Dia jatuh miskin dengan ibunya mertuanya Naomi dan kakak iparnya Orpa.

Naomi memutuskan untuk kembali ke Yehuda karena kelaparan itu lebih dan suaminya dan anak-anak telah meninggal. Naomi menyarankan bahwa Rut dan Orpa kembali ke rumah ayah mereka dan menikah lagi. Orpa melakukannya, tapi Ruth menolak. Sebaliknya, ia bertekad untuk tinggal bersama Naomi. Catatan kata-katanya (Rut 1:16-17): Di mana pun Anda pergi, saya akan pergi, dan di mana pun Anda mengajukan, saya akan mengajukan, orang-orang Anda akan menjadi umat-Ku, dan Allahmu, Allahku. Di mana Anda mati, aku akan mati, dan di sanalah aku dikuburkan. TUHAN menghukum aku, bahkan lebih lagi, jika apa pun kecuali kematian memisahkan Anda dan saya. Naomi akhirnya setuju, dan mereka berangkat ke Betlehem di Yehuda.

Di Betlehem - Ketika Naomi dan Rut tiba di Betlehem , Rut memutuskan untuk pergi ke ladang untuk memungut setelah pemanen barley . Memetik di bidang adalah cara bahwa orang miskin mampu menghidupi diri sendiri. Hukum mendorong petani untuk meninggalkan bagian kecil dari bidang dipanen sehingga orang miskin bisa memiliki sesuatu untuk dimakan ( Im 19:9 - 10 , 23:22 ; Ul 24:19 ) . Ini adalah apa Ruth lakukan . Alkitab berkata bahwa Ruth " kebetulan datang ke bagian dari tanah milik Boas , yang dari keluarga Elimelekh " ( 2:3) . Di sana ia menemukan banyak biji-bijian untuk mengumpulkan , dan para pekerja di lapangan diperlakukan dengan baik . Boaz , pemilik peternakan , akhirnya melihat Ruth dan menemukan bahwa ia telah kembali dari Moab dengan Naomi . Boaz memungkinkan Ruth untuk memungut di ladang dan menginstruksikan para pekerjanya untuk membuat ketentuan khusus untuknya . Naomi menemukan bahwa Ruth telah Memetik di bidang Boaz dan bahwa Boas tampaknya mengambil tertarik padanya . Dia menetas rencana untuk menyatukan Boaz , seorang kerabat keluarga suaminya meninggal , dan Ruth . Dia mengatakan kepada Ruth bertemu Boaz setelah bekerja satu malam dan menunjukkan bahwa ia menikahinya . Ini jelas apa yang dimaksud Ruth ketika ia meminta Boaz untuk "mengambil hambamu bawah sayap Anda " ( 3:9) . Boaz menanggapi secara positif dan segera mengambil langkah-langkah untuk menikahi Ruth . Serikat pekerja mengakibatkan kelahiran seorang putra , yang adalah kakek dari Raja Daud .

Karakter Ruth Loyalitas - Loyalitas adalah pengabdian , kesetiaan , dan / atau komitmen . Salah satu kata kunci dalam kitab Rut adalah kata benda Ibrani hesed ( ditemukan dalam 1:8 , 02:20 , dan 03:10 ) , yang berarti sesuatu seperti " kesetiaan penuh kasih , " dengan kata lain , loyalitas termotivasi oleh kasih dan kebaikan . Boaz berkata kepada Rut , " Berbahagialah kamu TUHAN , putriku! Bagi Anda telah menunjukkan lebih banyak kebaikan ( hesed ) pada akhir daripada di awal, karena Anda tidak pergi setelah orang-orang muda , baik yang miskin maupun yang kaya . " Daripada merenung atas hilangnya suaminya sendiri , ia mengabdikan dirinya untuk memenuhi kebutuhan ibunya mertua , untuk mengisi kekosongan dalam hidup Naomi , untuk membantu dia yang terbaik yang dia bisa . Itu berarti meninggalkan rumahnya , keluarganya , dan teman-temannya , pindah ke negeri lain sebagai orang asing dihina dan hidup dalam kemiskinan dan kesulitan . Kasih dan perhatian untuknya ibu mertua adalah satu-satunya motif yang jelas. * Contoh 1 Ruth pengabdian kepada Naomi harus mengilhami kita untuk melayani orang lain . Aplikasi: Jadilah teman setia , terutama ketika ia / dia membutuhkan .

Kebenaran - Ruth dikonversi dari paganisme ke iman kepada Allah . PL jelas mengajarkan bahwa seorang kafir yang memeluk Allah Israel dengan iman bisa masuk ke dalam berkat-berkat dari orang-orang Yahudi . Boas berkata kepadanya , " Semoga Tuhan membalas pekerjaan Anda , dan gaji Anda akan penuh dari Tuhan , Allah Israel , yang di bawah sayap Anda telah datang untuk mencari perlindungan " ( 2:12) . Profesinya iman ditambah perbuatan nya pengabdian dan kebaikan kepada Naomi memberikan bukti yang jelas bahwa dia benar-benar di antara umat beriman . Meskipun keluarga Elimelekh adalah keluar dari tempat berkat Tuhan , mereka mencapai sesuatu yang berharga . Melalui kesaksian mereka , Moab muda ini bernama Ruth berubah dari menyembah Kamos , dewa orang Moab , dengan segala kekejian yang terkait dengan ibadah , dan menaruh kepercayaannya dalam satu benar dan hidup . Kebenaran Ruth berdiri kontras dengan kebanyakan orang Israel yang hidup menurut dorongan dan kecenderungan mereka sendiri, bukan dalam ketaatan kepada hukum Taurat. Aplikasi: A benar hasil kondisi rohani dalam perilaku yang benar . Jangan biarkan kejahatan lain melekat pada diri Anda . Berusaha untuk menjadi kudus .

Kerendahan hati - kerendahan hati Ruth jelas sepanjang hidupnya . Dia membungkuk rendah sebelum Boaz dalam rasa syukur yang tulus dan berkata , " Mengapa saya kasih karunia di mata Anda bahwa Anda harus memperhatikan saya, karena saya adalah orang asing ? " ( Rut 2:10) . Kerendahan hatinya nyata kembali saat dia berkata , " Anda telah menghibur saya dan memang telah berbicara ramah kepada hambamu , meskipun saya tidak suka salah satu pelayan- Anda " ( Rut 2:13) . Kerendahan hati seperti asli , semangat lemah lembut dan tenang , adalah salah satu aset paling berharga seorang wanita dapat memiliki . Peter bilang itu adalah nilai yang besar di hadapan Allah ( 1 Pet 3:4) . Ini adalah sifat yang baik untuk wanita Kristen meminta Tuhan untuk membantu mereka mengembangkan . Aplikasi : Girls, terutama harus berusaha untuk meniru karakter Ruth . Perhatikan bahwa Boaz tidak mengatakan apa-apa tentang kecantikannya , namun ia tertarik padanya . Orang - lebih tertarik pada inner beauty seorang gadis dari penampilan luar nya . Disisi lain karakter busuk merusak seorang gadis cantik .

Kerajinan - Ketika Naomi dan Rut tiba di Bethlehem , salah satu hal pertama yang Ruth lakukan adalah untuk mencari cara memperoleh makanan . Dia tidak merengek dan mengeluh tentang kemiskinan mereka , dia pergi bekerja . Memetik adalah persalinan yang sulit , dan itu diperlukan banyak jam kerja keras untuk mengumpulkan makanan yang cukup untuk makan . Tapi Ruth bersedia bekerja untuk mendukung kedua dirinya dan Naomi . Kemungkinan bahwa salah satu hal yang membuat Ruth begitu menarik bagi Boaz adalah kesediaannya untuk bekerja . Aplikasi : Jangan takut kerja . Alkitab mengajarkan bahwa kita harus bekerja untuk mencari nafkah . Jangan malas . Girls: orang-orang seperti gadis-gadis yang dapat bekerja - masak , panggang , menjahit , membuat kerajinan , menjaga rumah dalam keadaan baik , menghias , dll Misalnya , Cindy Estell .

Penguasaan diri - Pacaran ala Boaz dan Ruth memperlihatkan tidak ada kejanggalan atau imoralitas apapun . Mereka tidak tampak terlibat dalam kontak fisik romantis sebelum pernikahan . Kemurnian seperti perilaku tersebut menjadi semakin langka di masyarakat kita . Hari ini sebagian besar pasangan berpikir bahwa seks sebelum nikah bisa diterima , terutama jika mereka berencana untuk menikah pula . Hanya lulusan SMA minoritas kecil yang dapat mempertahankan kemurnian moral mereka secara/masih utuh . Kemurnian pranikah yang terbaik bagi kita dan bagi pernikahan kita . Masyarakat kita membayar harga untuk kekacauan pernikahan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan rumah rusak yang tak terhitung banyaknya dengan semua trauma emosional yang membawa amoralitas, akibat seks sebelum pernikahan Aplikasi : Tetap murni . Simpan seks dan perilaku seksual sampai menikah .

Pelajaran lain dari Kehidupan Ruth

Allah berdaulat . Naomi mengakui bahwa itu adalah tangan Allah yang telah mendikte keadaan hidupnya ( 1:20-21 ) . Meskipun teks menyatakan bahwa Ruth " terjadi " untuk memilih bidang Boas untuk memungut di , pemikiran yang mendasari adalah bahwa Allah bertanggung jawab untuk pilihan acak ini . Tidak ada kecelakaan atau kebetulan , kejadian berarti di alam semesta di bawah pengawasan konstan Allah . Tuhan terus bekerja segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia ( Rom 8:28) . Percayalah bahwa Allah berada di belakang layar dalam hidup Anda , bekerja di luar rencananya untuk Anda . Tuhan murah hati . Ruth adalah orang Moab pagan , bukan seorang Yahudi . Tapi Tuhan diperpanjang rahmat-Nya ke arahnya dan memilih dia menjadi nenek Daud , dan dengan demikian dalam garis leluhur Mesias . Terima kasih Tuhan bahwa ia menyelamatkan orang-orang berdosa , bahkan yang paling jahat . Jangan menulis dari siapa pun di luar kasih karunia Allah .

Allah menyediakan bagi umat-Nya . Bahkan di zaman kemurtadan , Allah dipertahankan kasih setia-Nya (hesed) untuk -Nya sendiri . Allah menampilkan rahmat-Nya dengan memberikan bagi Naomi dan Rut , bagi Israel , dan bagi seluruh dunia . Percayalah Tuhan untuk menyediakan untuk Anda . Tidak peduli seberapa gelap hari mungkin , Tuhan selalu menjaga sisa benar . Mungkin ada sangat sedikit asli , orang-orang percaya yang saleh seperti Ruth dan Boas , tapi ada beberapa . Menentukan bahwa Anda akan mengikuti contoh mereka . Berusahalah untuk bersinar sebagai cahaya di tempat gelap . Tuhan mampu membuat baik keluar dari situasi buruk . Naomi dan Rut tampaknya menuju bencana , tetapi Allah mengubah keadaan mereka . Percayalah bahwa Tuhan dapat mengubah keadaan hidup Anda menjadi lebih baik .

Tindakan kita dapat berdampak generasi mendatang . Kehidupan saleh Rut dan Boaz tidak hanya itu berkat bagi Naomi , mereka adalah berkat bagi semua generasi berikutnya . Anak yang lahir dari Ruth dan Boas akan menjadi kakek dari Raja Daud ( Rut 4:18-22 ) . Sedikit kita menyadari betapa keputusan dan tindakan kita dapat mempengaruhi orang-orang yang datang setelah kami. * 2 Tentukan hari ini bahwa Anda akan menjadi sumber berkat dan contoh yang baik bagi mereka yang datang setelah Anda . Kegagalan orang lain seharusnya tidak menghalangi jalan Anda sendiri dengan Tuhan . Naomi bukan contoh yang sangat baik untuk Ruth untuk mengikuti . Sampai akhir cerita , ia tampak seperti seorang wanita tua pahit yang marah pada Tuhan . Dia bahkan menasihati kedua Rut dan Orpa kembali ke dewa-dewa palsu mereka ( 1:15) . Tapi kegagalan Naomi tidak menjaga Ruth dari iman atau ketaatan . Ruth ternyata menjadi seorang wanita saleh meskipun dia telah sangat sedikit contoh yang baik untuk diikuti . Anda tidak dapat menyalahkan orang lain atas kegagalan spiritual Anda , dan Anda tidak boleh membiarkan kegagalan orang lain untuk mencegah atau menghambat pertumbuhan rohani Anda sendiri .

Mengenali dan menghargai rencana Allah bagi hidup Anda . Naomi menanggapi kematian suaminya dan anak-anak dengan kepahitan dan kemarahan . Dia bahkan mengubah namanya untuk mencerminkan kesedihannya pada apa yang telah diizinkan Tuhan dalam hidupnya . Dia tidak mengerti maksud Allah sampai nanti . Mungkin Tuhan membawa waktu kesedihan dan kesulitan dalam hidup Anda. Tuhan memiliki tujuan untuk segala sesuatu yang dilakukannya . Menanggapi tantangan tersebut dengan iman dan kesabaran , bukan kepahitan dan kemarahan .

Bagaimana dengan Boaz ? Tuhan adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari Boas . Dia sering memikirkan Tuhan , bicara tentang Tuhan , dan mengijinkan Tuhan menjadi bagian dari urusan bisnis sehari-hari . Dengarkan dia menyapa mesin pemanen di lapangan : " Semoga Tuhan bersama Anda , " katanya . Dan mereka menjawab , " Semoga Tuhan memberkati Anda " ( Rut 2:04 ) . Untuk Ruth ia menyatakan , " Semoga Anda diberkati Tuhan , putri saya " ( Rut 3:10 ) . Dan lagi , " Aku akan menebus engkau , TUHAN yang hidup " ( Rut 3:13) . Semua orang yang menghadiri pernikahan mengakui ketergantungannya pada Tuhan untuk anak cucu masa depannya : " Semoga Tuhan membuat wanita yang datang ke rumah Anda seperti Rahel dan Lea , keduanya membangun rumah Israel " ( Rut 4:11 ) . Prasyarat pertama untuk pernikahan yang berhasil adalah pria itu menjadi abdi Allah .

Boaz bukan saudara suami Ruth meninggal , dan dengan demikian tidak diwajibkan secara hukum untuk mengambil Ruth sebagai istrinya . Namun demikian , ia melakukannya , akan ekstra di hampir setiap contoh untuk merawat Naomi dan Rut . Boaz adalah pria baik, bijaksana , perhatian , dan lembut . Beberapa pria memiliki pemikiran yang keliru bahwa kebaikan dan kelembutan adalah sifat-sifat feminin dan mereka pergi keluar dari jalan mereka untuk menghindari mereka . Seseorang tidak bisa lebih salah . Mereka adalah sifat seperti Kristus , dan Yesus tidak banci . Survei menunjukkan bahwa kebaikan dan kelembutan peringkat di dekat bagian atas karakteristik perempuan cari dalam seorang suami . Mereka akan menjadi sifat yang baik untuk laki-laki Kristen untuk mengembangkan dengan pertolongan Allah .

Kesimpulan : kasih Tuhan dalam hidup Rut mengatasi semua rintangan - kemiskinan , prasangka rasial , perbedaan usia, godaan fisik , dan bahkan ibu mertua perbedaan . Kasih Allah juga dapat memecahkan masalah dalam kehidupan kita . Seperti yang kita datang untuk memahami dan menikmati cinta tanpa syarat bagi kita , dan mengijinkan kasih itu mengalir melalui kita , kita berpikir kurang dan kurang tentang diri kita sendiri dan lebih banyak tentang orang lain . Ruth adalah contoh yang indah tentang bagaimana Allah mengganjar iman , kesetiaan dan pelayanan .

diskusi :

  • Apa sajakah unsur-unsur kehidupan Ruth yang menampilkan control Allah yang berdaulat situasi ? Kelaparan di Betlehem , keluarga Elimilech yang pindah ke Moab , fakta bahwa Ruth bertemu dan menikah dengan Kilyon , Ruth Memetik di lapangan Boas , fakta bahwa Boaz adalah tersedia dan bersedia untuk menikahi Ruth , kelahiran anak mereka .
  • Apa saja karakteristik dari Ruth yang kita harus mencoba untuk meniru ? Loyalitas , kebaikan , kebenaran , kerendahan hati , kerajinan , pengendalian diri
  • Bagaimana Boaz bisa menjadi contoh bagi wanita yang mencari suami? Cari orang yang saleh , stabil secara finansial , tersedia , tertarik, baik, bijaksana dan murah hati .
  • Pikirkan latar belakang keluarga Anda . Bagaimana cinta dan kesetiaan rumah tangga Anda ( atau kurangnya itu ) mempengaruhi Anda ?