UNIMA CHOIR

Jum’at, 22 Juni 2012 ,

Unima Choir Diundang Hibur Ratu Elizabeth Hipnotis Penonton Festival Yale di AS

Unima Choir-MSUC berhasil menghipnotis penonton yang hadir di gala konser Yale International Chorale Festival 2012.  Putra-putri terbaik Sulut dalam paduan suara itu, benar-benar memanfaatkan kesempatan konser yang berlangsung, Rabu (20/6) pukul 17.00 waktu setempat atau, Kamis pukul 05.00 pagi waktu Manado itu, benar-benar bisa dimanfaatkan oleh paduan suara ini.

Dengan kekuatan 23 penyanyi  yang dipimpin oleh Prof Andre De Quadros, paduan suara ini membawakan  12 lagu secara berurutan dari berbagai jenis lagu yang mereka siapkan. Penampilan mereka pun diatur secara apik bukan hanya nyanyian saja, tapi dengan koreografi yang dipadu dengan perpaduan berbagai busana tradisional Indonesia.

Apresiasi yang sangat tinggi diberikan oleh Jeffry Douma, yang merupakan Artistic Director dari Yale International Chorale Festival 2012. Menurutnya, merupakan suatu kehormatan bagi Yale Glee Club atas kehadiran Unima Choir MSUC dalam festival di Yale kali ini. Karena selama 100 tahun lebih festival ini berlangsung, untuk pertama kali paduan suara asal Indonesia terpilih untuk tampil. Yaitu Unima Choir-MSUC dari Indonesia yang mewakili benua Asia dalam festival tersebut.

Tanggapan menarik datang dari para ahli music yang hadir. Di antaranya Prof Joy Hil dari Royal College Inggris yang mengatakan, Unima Choir-MSUC  is a truly World Class Choir. Prof Joy bahkan secara langsung mengundang Unima Choir-MSUC untuk tampil di Inggris  tahun 2013. Ia juga mengatakan bahwa Unima Choir-MSUC harus tampil di hadapan Ratu Elizabeth ketika akan mengadakan konser di Inggris. ‘’Mereka harus datang ke Inggris menghibur Ratu Elizabeth,’’ ujar Prof Joy Hil.

Decak kagum pun datang dari seluruh penonton yang hadir saat itu. Tak henti-hentinya mereka memberikan applause bagi paduan suara ini yang harus membuat mereka beberapa kali naik ke atas panggung untuk membawakan beberapa lagu kembali.

Festival Yale sendiri merupakan festival paduan suara tahunan. Kegiatan yang diadakan berupa workshop, master class conducting and voice, choir demonstration dan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan paduan suara. Peserta pun diseleksi secara khusus untuk bisa ambil bagian dalam kegiatan itu. Begitu juga dengan paduan suara yang ditampilkan merupakan paduan-suara yang dianggap layak serta memiliki reputasi paduan suara secara internasional.

Selain itu, para alumni dari Yale Glee Club mendapat kesempatan juga untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Festival ini akan berlangsung dari tanggal 19 – 24 Juni. Unima Choir – MSUC sendiri mendapatkan kesempatan berlatih dengan berbagai dirigen terkenal dunia dalam festival ini.

Tim paduan suara Unima Choir-MSUC ini setelah tampil di Yale, mereka akan melanjutkan perjalanan kembali ke New York untuk tampil sebagai paduan suara tamu dalam river to river festival yang dilaksanakan di pusat Kota New York yakni Manhattan 24-29 Juni 2012. (*)